Belajar Foto Light Painting, Genre Fotografi dengan Sejuta Keindahan dan Kreatifitas yang Asyik Banget


light-painting-with-instanusantara-cirebon-foto-jaenal-jalalludin

Hay kali ini saya akan membagikan pengalaman hunting foto bareng salah satu komunitas fotografi Cirebon (Instanusantara Cirebon) nih. Tapi sebelum itu coba deh lihat baik-baik foto diatas dan gimana menurut kamu? Keren kan? Berasa nonton film Dr. Stanger yang dibuat Marvel dan salah satu anggota Avenger itu loh 

Nah ternyata kita juga bisa loh bikin kaya gitu dan ini menggunakan teknik khusus dalam fotografi. Namanya teknik light painting atau melukis dengan cahaya, teknik ini memanfaatkan shutter kamera yang lama untuk menangkap guratan cahaya yang kita kreasikan.

Teknik ini pertama kali dikenal dengan nama Pathological Walk From in Front, dimana pada tahun 1889 Etienne-Jules Marey dan Georges Demeny menelusuri gerakan manusia dalam lukisan cahaya pertama.

Kemudian seiring berkembangnya dunia fotografi akhirnya kegiatan melukis dengan cahaya ini disebut dengan genre fotografi light painting dan menghasilkan karya yang lebih kreatif.

light-painting-tree-with-instanusantara-cirebon-foto-jaenal-jalalludin

Dalam light painting ini kreatifitas sangat menentukan hasil akhir dari foto yang diambil. Oleh karena itu kita harus bisa membuat pola-pola cahaya yang unik dan bagus seperti contoh foto diatas.

Cahaya nya membentuk seperti pohon dengan warna warni yang indah dan menawan. Ditambah lagi didepannya terdapat seorang model yang menambah unik foto tersebut. 

Jadi poin utama dalam teknik ini justru ada di kreatifitas modeling cahaya serta sumber cahaya yang digunakan. Dan justru disanalah letak keunikan dan keasyikan ketika shutter kamera mulai di tekan.

Kenapa asyik? Karena kita akan membuat pola di foto dengan cahaya dan antara proses atau behind the scene dengan hasil itu akan berbeda jauh. Karena hasilnya akan menjadi sangat indah apalagi jika menggunakan beberapa warna lampu yang digunakan. Pasti tambah indah tuh dan berkesan.

Selain itu teknik ini pun sangat mudah dilakukan dan gratis serta hasilnya pasti akan membuat anda takjub ketimbang melihat secara langsung dengan mata kepala sendiri proses pembuatannya yang gelap-gelapan serta tak ada indahnya sama sekali.

Hal ini karena kamera menggunakan teknik shutter speed yang lambat sehingga cahaya yang masuk akan terus menerus diterima oleh sensor kamera. Sehingga bisa menghasilkan foto cahaya yang berpola dan kombinasi warna cahaya yang indah.

Tujuan utama dari teknik light painting ini sendiri adalah untuk menerangi beberapa titik pada objek. Dimana hanya area tersebut yang akan terekam di kamera dan di proses menjadi sebuah foto.

light-painting-rainbow-with-instanusantara-cirebon-foto-jaenal-jalalludin

Peralatan Photo Light Painting


Untuk membuat foto light painting peralatan yang dibutuhkan pun tak terlalu mahal dan bisa dibilang standar saja. Kita hanya perlu sumber cahaya bisa berupa lampu panjang khusus warna-warni seperti yang digunakan dalam foto ini. 

Maklum karena ini hunting bareng jadi peralatan lampunya sudah disediain sama komunitas Instanusantara Cirebon. Yakni berupa lampu khusus sepanjang 150 cm yang mengeluarkan warna pelangi secara bergantian. Dan memang lampu ini lampu khusus untuk fotografi light painting.

Namun kalau misalkan gak punya lampu khusus ini kamu bisa kok menggunakan senter, obor elektrik, lambu belajar, kembang api, lilin, flash eksternal, lampu parkir dan sumber cahaya lainnya. Tentu semakin bayak warna dari sumber cahaya maka akan semakin menarik foto yang dihasilkan.

Selain itu tentu kita memerlukan kamera dan tripod atau alas lainnya jika tak ada tripod. Yang pasti kamera harus dalam keadaan stabil selama mengambil gambar light painting ini. Karena kita akan menggunakan shuterspeed yang lambat yakni sekitar 10-30 detik.

Oya satu lagi alat pendukung lainnya yakni remot shutter atau shutter release. Ini berfungsi agar kamera tak bergoyang saat kita akan mulai memotret. Tapi hal ini bisa diakali dengan menggunakan timer kamera. Jadi gak begitu penting juga untuk membawa alat yang satu ini.

light-painting-the-wings-with-instanusantara-cirebon-foto-jaenal-jalalludin

Persiapan dan Setting Kamera Foto Light Painting


Cari tempat gelap atau minim cahaya untuk menjadi tempat pengambilan gambar light painting. Biasanya sih dilakukan di outdoor saat malam hari dan lebih bagus lagi jauh dari sumber cahaya lain seperti di bukit, gunung, atau lapangan luas yang gelap.

Nah kebetulan foto-foto diatas saya ambil saat hunting bareng Instanusantara Cirebon di Bukit 1000 Bintang, Kuningan yang terletak di kaki gunung Ciremai dan memiliki ketinggian sekitar 1000 mdpl. Dan tentu tempatnya gelap dan sangat cocok untuk pengambilan light painting ini.

Sebelum ke setting kamera kita pun harus menyiapkan konsep-tema dan objek serta pola yang akan dilukis dengan sumber cahaya yang tersedia tersebut. Semakin kreatif pola dan sumber cahaya yang dibuat maka foto akan sermakin bagus dan indah. 

Bisa juga membuat bentuk hewan semisal kupu-kupu, tulisan, atau bentuk lainnya sesuai dengan keinginan dan konsep foto light paintingnya.

Nah sekarang kita masuk ke settingan kameranya nih. Pertama-tama pastikan kamera terpasang ke tripod dengan benar dan nyalakan. Atur kamera ke mode Manual dengan setting aperture kecil yakni antara f/8 - f/11. Hal tersebut agar hasil foto tampak tajam di semua sisi.

lalu setting ISO di angka terendah yakni di angka 100 atau 200. Hal ini untuk mengurangi noise pada hasil foto agar lebih bagus. Karena semakin tinggi ISO maka semakin banyak juga noise yang dihasilkan.

Dan terakhir setting shutter speed di angka lambat yakni antara 10 detik hingga 30 detik. Hal ini yang menjadi fokus utama dalam light painting karena semakin kompleks dan sulit pola yang akan dilukis, maka semakin lambat juga shutter speed yang dibutuhkan.

Alasan ini pula yang mewajibkan kita untuk menggunakan tripod agar kamera tetap stabil selama pengambilan gambar yang mencapai hampir 30 detik untuk satu kali jepret. Selain itu remote/ shutter release juga sangat membantu kamera untuk memulai pemotretan tanpa menyentuh bodi kamera yang bisa mengakibatkan getaran.

Lalu saat shutter di tekan maka saatnya melukis dengan cahaya dan lampu yang sudah disediakan. Buatlah pola-pola unik dan indah selama kamera sedang melakukan pengambilan gambar.

Makanya disini sangat dituntut kreatifitas dari si pembuat pola agar foto yang dihasilkan semakin indah dan menarik. Seperti pada foto diatas kita bisa membuat pola seperti sayap atau portal seperti Dr. Stranger. Kita juga bisa memegang senter atau lilin untuk membuat muka kita lebih dramatis dengan lukisan cahaya di belakang kita.

Dan yang pasti jangan pernah puas dengan hasil pertama, buatlah lagi dan lagi sampai kamu merasa puas dan menemukan foto light painting bagus dengan bentuk yang unik. 

Selamat mencoba dan jangan lupa tag instagram kami @biasajalan jika kalian berhasil mendapatkan foto light painting epic usai membaca artikel ini. Dan jika ada pertanyaan maka bisa tulis di komentar ya. Nanti kita balas dan kasih solusinya terkait dengan foto light painting.

0 Comments