Makepung, Karapan Versi Bali

 



-- MAKEPUNG --

Klo di Madura ada Karapan Sapi,maka di Bali ada MAKEPUNG. Makepung adalah atraksi balapan kerbau berasal dari Kabupaten Jembrana, Bali. Kata Makepung berasal dari kata makepung-kepungan (bahasa Bali) artinya berkejar-kejaran, inspirasinya muncul dari kegiatan tahapan proses pengolahan tanah sawah yaitu tahap melumatkan tanah menjadi lumpur dengan memakai lampit. Atraksi Makepung jika dilihat sepintas mirip dengan Karapan Sapi di Madura, bedanya atraksi Makepung bukan menggunakan sapi sebagai hewan yang membawa kereta tapi menggunakan kerbau.



Atraksi Makepung adalah merupakan puncak kegembiraan para petani di dalam mensyukuri hasil panen raya mereka. Sementara sebagai tradisi, Makepung sudah dimulai sejak para petani turun ke sawah, bahkan sejak pemilihan bibit, atau bulih-bulih padi yang akan ditanam dan disemaikan.

Dulunya para petani mengisi waktu luangdi sela-sela sehabis membajak sawah garapannya dengan mengadakan balapan kerbau. Sepasang kerbau akan dipasangkan di gerobak atau cikar tempat joki mengendarai kerbau. Mereka saling adu cepat untuk bisa memburu tandingan tandingnya agar jarak keduanya menjadi lebih dekat atau lebih jauh. Kerbau-kerbau pacuan dipilih kualitas yang paling baik, bahkan oleh tuannya, diperlakukan bak satu orang atlet, sangat dimanjakan.




Untuk membuktikan pemenangnya tidak dari siapa yang pertama sampai garis finish, sebaliknya ditentukan jarak sela diantara Delegasi, rata rata ditentukan dengan jarak 10 meter, jika peserta di depan bisa memperlebar jarak lebih dari 10 meter maka peserta yang di depan akan menjadi pemenangnya, meskipun di belakangnya bisa mempersempit jarak kurang dari 10 meter, maka peserta di belakangnya yang menjadi juara, disinilah uniknya cara penilaian dalam kompetisi makepung.  




Tradisi Makepung diadakan secara rutin setiap tahunnya selama beberapa waktu setiap dua minggu sekali yang diadakan ditempat yang bergiliran. Tradisi ini umumnya diadakan di wilayah Jembrana, Bali Barat.



­čôŹNegara, Jembrana,Bali Barat
https://www.instagram.com/p/CugnrHhrJfg/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==


0 Comments