Sejuknya Hamparan Hijau di Cukul, Pangalengan, Bandung



Cukul-Pangalengan

Bumi Pasundan di ciptakan ketika Tuhan sedang tersenyum, mungkin benar adanya kalimat pepatah tsb, betapa tidak, keindahannya selalu mampu membuat mata terpesona.
Kebun teh di area Sunrise Point Cukul, Pangalengan menjadi salah satu bagian terbaik dari keindahan alam Pasundan. Terletak di ketinggian 1600 mdpl dan memiliki udara yang sejuk membuat siapa saja betah ditempat ini, sekedar menikmati suasana atau bahkan berswafoto dengan pemandangan alam yang masih alami.

Cukul terletak di sebelah selatan kabupaten Bandung, Jawa Barat, di kecamatan Pangalengan, berada di ketinggian 1600mdl  menjadikan tempat ini salah satu spot terbaik untuk menyaksikan terbitnya matahari yang menyembul di balik gunung wayang, dan kabut tebal membuat suasana di pegunungan  ini semakin dramatis.

Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah sebelum waktu terbitnya matahari, untuk itu tidak heran banyak wisatawan yang rela menempuh perjalanan ketika menjelang subuh ke tempat ini.
Betapa tidak, di obyek wisata ini, kita bisa menyaksikan terbitnya matahari dengan ke elokannya yang dihiasi oleh awan dan kabut tebal,sejuk dan hijaunya hamparan kebun teh menjadi daya tarik tersendiri dan tentunya menyejukkan mata siapapun yang memandangnya.
Untuk sampai ke Sunrise point cukul, dibutuhkan tiga jam perjalanan dari pusat Kota Bandung via Tol Soreang Pasirkoja (Soroja). Perjalanan di lanjutkan ke jalan alteri menuju arah Banjaran-Cimaung-Pangalengan. Perjalanan akan sedikit terhambat karena banyak kendaraan umum yang melintas di jalan tersebut.

Jika telah sampai di Bundaran Pangalengan, ambil arah kanan menuju Situ Cileunca, dibutuhkan waktu selama kurang lebih  15 menit dari Situ Cileunca menuju Cukul Sunrise Point. Saat tempuh dipermudah dengan adanya papan petunjuk yang disediakan sepanjang perjalanan.
Harga tiket masuk cukup murah dan terjangkau, hanya dengan merogoh kocek 10,000/orang kita sudah bisa menikmati sepuasnya keindahan alam yang tersedia.

Tidak lupa indomie hangat yang disediakan para penjaja di warung-warung sederhana juga menambah kenikmatan dengan harga 10-12 ribu saja per mangkuknya.
Jadi, jika anda berkunjung ke Bandung, jangan lewatkan tempat yang satu ini, rasakan sensasi yang berbeda ketika menikmati kopi saat matahari terbit atau semangkuk indomie hangat di tengah hamparan kebun teh.

-Angeline-
Bandung, 11 Juli 2020

Also follow my IG account @si_angeline, @jalanbareng.angeline & @biasajalan untuk referensi foto destinasi wisata kamu lainnya. 

Salam Penjelajah !!! ☺


0 Comments