Lopis Legendaries - Mbah Satinem

 


Jogjakarta, kota dengan sejuta pesona. Gak cuma pemadangan alamnya yang selalu menghipnotis datang kembali, tap juga kisah-kisah sejarah dan kuliner yang disajukan selalu menggugah selera.
Sepanjang jalan dan setiap sudut kota Jogjakarta selalu memberikan kesan tersendiri.

Hari itu, entah sudah yang ke berapa kali aku mengunjungi kota ini. Tapi rasanya tidak ada selesainya menjelajahi setiap sudut kotanya. Selalu ada rasa rindu yang membuat ingin kembali.

Jajanan pasar yg 1 ini tentu tidak asing lagi. Inget banget dlu sejak kecil, mama selalu memberikan Lopis u/ sarapan pagi.

Kli itu, aku berkunjung ke Lopis legendaries Mbah Satinem, padahal sudah sering bolak balik ke Jogja, tp selalu liat selewat aj, antrian yg luar biasa, berkali2 membuat ku mengurungkan niat u/ mlipir singgah sejenak. Jajanan pasar yg 1 ini tentu tidak asing lagi. Inget banget dlu sejak kecil, mama selalu memberikan Lopis u/ sarapan pagi walaupun yang disajikan adalah lopis buatan rumahan si pedagang di bekasi, namun citarasa khasnya memang menggiurkan. 

Waktu itu sekitar pukul 07:30wib keretaku tiba dikota Jogjakarta, setelah dijemput oleh yang tersayang, kami melanjutkan perjalanan. Tak jauh dari Tugu Jogjakarta, terlihat beberapa orang sudah berkumpul di lapak Mbah Satinem. Kami pun memutuskan untuk singgah kali ini. Antrian kami kala itu nomor 43, menunggulah kami di tepian, sambil memperhatikan cara Mbah Satinem menyajikan dagangannya kepada para pembeli. 



Lopis terbuat dari ketan yg dicampur dgn gula jawa, kemudian ditaburi parutan kelapa. Rasanya memang khas, manis juga legit.

Mbah Satinem susah berjualan sejak tahun 1963. Dulu Lopis Mbah Satinem jg jd kuliner favorite Pak Soeharto kala berkunjung ke Yogyakarta.

Mbah Satinem berjualan saat pagi hari di Jl. Bumijo. Lapaknya sangat mudah ditemukan, krn terletak di pinggir jalan raya utama.
Kini Mbah Satinem berjualan ditemani anaknya, Mukinem.

Jangan lupa berkunjung kesini kalo kamu singgah di Jogja ya! 


Also follow my IG account @si_angeline, @jalanbareng.angeline & @biasajalan untuk referensi foto destinasi wisata kamu lainnya. 

Salam Penjelajah !!! ☺


0 Comments