Eksotisme Hutan Tropis di Dataran Tinggi Bandung


Bandung terkenal dengan kesejukannya. Dikelilingi perbukitan nan menawan,embuat Bandung selalu jd tujuan utama wisatawan. Salah satunya di sisi selatan Kota Lautan Api ini. Terdapat objek wisata yang sering dikunjungi karena pesonanya. Gunung Patuha, sebuah gunung strato fulkanik yang tergolong aktif. Pada puncak Gunung Patuha terdapat landmark populer. Kawah Putih membentang indah. Kawah ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha masa lampau.


Gunung Patuha tepat berada di Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dibanding Gunung Patuha, nama Kawah Putih lebih familiar. Namun kawah putih sebenarnya berasal dari Gunung Patuha. Panorama pemandangan Kawah Putih jadi lebih bervariasi jika dinikmati dari ketinggian. Dari kejauhan, air kawah tidak terlihat putih. Hijau tosca lebih tepat disematkan pada warna kawah saat berada di Puncak Gunung Patuha.


Untuk mendaki Gunung Patuha, pertama-tama kita harus masuk lebih dulu ke kawasan wisata Kawah Putih. Perjalanan menuju kawasan ini sekitar 2 jam dari Kota Bandung dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Setelah masuk kawasan wisata Kawah Putih, kita diwajibkan membeli tiket, tiket masuk dan pendakian juga tiket ke Kawah Putih memiliki tarif yang berbeda. Namun tersedia juga tiket terusan yang sudah termasuk seluruh wilayah.


Perjalanan menuju puncak Gunung Patuha tidaklah lama, berjalan kaki 2-3jam saja dan dapat ditempuh dengan perjalanan PP/tek-tok. Track yang ramah cocok untuk pendaki pemula. Sepanjang perjalanan, pendaki akan disuguhi dengan pemandangan indah nan asri. 



Mendekati puncak, kita akan menjumpai bunga-bunga Edelweiss tumbuh dengan subur. Karena jarang sekali orang yang melakukan pendakian ke gunung ini, maka Edelweiss dapat tumbuh dengan aman dan nyaman.

So,buat kamu yang hobi mendaki, jangan lupa untuk menjelajahi gunung yang satu ini. Dan jangan lupa bawa turun sampahmu & menjaganya tetap lestari.

Also follow my IG account @si_angeline, @jalanbareng.angeline & @biasajalan untuk referensi foto destinasi wisata kamu lainnya. 


Salam Penjelajah !!! ☺ 




0 Comments