Menikmati Sejuknya Curug Tilu Leuwi Opat - Bandung

Curug Tilu Leuwi Opat - Biasa Jalan Phot by Si Angeline
Dikarenakan sejak perpindahan tempat tinggal dari Bekasi ke Bandung, saya belum pernah menjelajahi kota kembang ini, maka suatu hari, saya bersama beberapa teman dari komunitas fotografi merencanakan hunting bareng.

Awalnya kami tidak berencana untuk Terletak dikawasan Bandung Barat, tepatnya di daerah Parongpong, tidak terlalu sulit untuk mencapai lokasi ini, karena jalan masuknya pun hanya di pinggir jalan yg umumnya sudah banyak diketahui orang. Curug ini pun satu area dengan bumi perkemahan, sehingga kita akan bisa menikmati beberapa spot di kawasan ini.

Sedikit melalui jalan setapak dari pintu masuk yang di tempuh dengan berjalan kaki dan menurun melewati tangga yang terbuat dari tanah di lokasi, tentu saja cukup membuat nafas terengah-engah, walapun tidak sulit, tidak lama setelahnya kita langsung akan disajikan pemandangan curug yang sudah terbentang di depan mata.

Curug ini menyajikan udara sejuk dan pemandangan yang menyejukkan mata, dikelilingi oleh perbukitan maka mata akan di manjakan dengan hijaunya pohon-pohon yg tumbuh disekitar lokasi.

Tersedia juga outbound di kawasan ini dengan pintu masuk yang lebih naik keatas lagi.

Nama Curug Tilu Opat sendiri bukan tanpa arti, dinamakan Curug Tilu Opat karena air terjun ini memiliki tiga tingkatan air terjun dan memiliki empat leuwi (sungai). 

Bermain di Curug Tilu Leuwi Opat - Biasa Jalan Phot by Si Angeline
Dan di tempat ini pun ada beberapa curug lainnya seperti Curug Aseupan, Curug Citulang, dan Curug Cilaki.
Jalan menuju curug ini harus melalui tangga dan jalan setapak yang telah disediakan, biasanya akan di kenakan biaya retribusi sebesar Rp 10,000 (sepuluh ribu rupiah) per orang. 

Tangga yang dilalui cukup aman dan tidak terlalu tinggi, namun alangkah baiknya jika lebih berhati-hati, tidak membawa beban dengan berlebihan saat menuju lokasi utama.

Indahnya Curug Tilu Leuwi Opat - Biasa Jalan Phot by Si Angeline
Setelah melewati tangga tersebut, kita akan menjupai beberapa air terjun yang menawan.

Jangan lupa untuk menggunakan cover anti air jika anda hendak melakukan sesi foto, dikarenakan debit air yang cukup deras terutama ketika sehabis hujan, dan untuk mencapai curug di bagian dalam anda harus menerobos Curug Aseupan terlebih dahulu.
Indahnya Curug Tilu Leuwi Opat - Biasa Jalan Phot by Si Angeline
Namun ketika kita berhasil menerobos Curug Aseupan, kita akan menemukan Curug lainnya yang tidak kalah mempesona.

So, untuk teman-teman yang akan mengunjungi tempat ini, ada baiknya dipersiapkan segala sesuatunya, pelindung kamera juga sangat dibutuhkan, jangan lupa agar gambar yang kamu tangkap bisa indah dan airnya terlihat smooth seperti di foto saya, gunakan Filter untuk menangkap moment dan efek tersebut.

Selamat mencoba!
Yuk, ulin ka Bandung!
Salam Cekrek... !

-- Angeline --

Also follow my IG account @si_angeline, @jalanbareng.angeline & @biasajalan untuk referensi foto destinasi wisata kamu lainnya. 

Salam Penjelajah !!! ☺



0 Comments