Hunting Foto Seru di Sungai Cheonggyecheon nya Indonesia, Ini di Jakarta Loh!

Kali Besar Jakarta

Apa yang kalian pikirkan saat mendengar kata Jakarta? Panas, polusi, macet dan hal lainnya mungkin terlintas ketika kamu mendengar kata Jakarta. Memang iya sih cuaca di Jakarta itu memang panas dan penuh polusi serta macet yang tak kunjung teratasi.

Namun jangan mengatakan tidak dulu jika saya ajak jalan-jalan ke Jakarta ya. Soalnya baru-baru ini ada spot foto keren yang bisa membuat kamu berkata, "Ini beneran masih di Jakarta?"

Iya loh saya saja pas pertama kali kesana langsung berdecak kagum dan berkata, "Ini kayanya bukan di Jakarta tapi di luar negeri nih."

Kebetulan saya sedang ke Jakarta ada keperluan lalu diajakin teh Angelin (salah satu founder Biasa Jalan) buat hunting ke Kota Tua Jakarta kebetulan ia sedang di Bekasi.

Dan akhirnya esok harinya kita janjian ketemu dan hunting di kawasan Kota Tua. Nah karena masa hunting bertiga saja gak ada modelnya, saya pun coba hubungi beberapa teman yang sedang di Jakarta siapa tau ada yang mau jadi model.

Dan akhinya baru paginya ada temen yang mau diajak hunting dan jadi model. Lumayan bisa sekalian saya belajar fotografi sama teh Angel nih mumpung ada modelnya.

Akhirnya kita pun janjian ketemu di Kota Tua jam siang abis shalat Dzuhur. Namun apa daya perjalanan membelah kemacetan Jakarta menggunakan Trans Jakarta masih tetap saja terhambat. Dan baru sampai sekitar jam 2 an karena saya terlebih dahulu menemui Tika yang mau jadi modelnya, he he he.

Dan singkat cerita kita berdua pun bertemu dengan teh Angel dan temennya. Nah mulai tuh hunting fotonya di kawasan Kota Tua lalu ke Kali Besar yang saat itu sudah selesai di revitalisasi dan diresmikan oleh wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga Uno.

Saat sampai di sana saya kaget karena baru pemandangan yang ciamik banget kaya di luar negeri. Bahkan ada yang mengatakan kaya sungai Cheonggyecheon di Soul, Korea Selatan. Tapi emang iya sih keren banget nih yang tadinya kali kotor dan penuh sampah disulap menjadi kali yang instagramable banget.

Kali besar ini di sulap menjadi lebih indah, modern dan instagramable banget dengan adanya dermaga apung yang memang seperti di sungai Cheonggyecheon di Korea Selatan. Ditambah lagi dengan background bangunan-banguan tua disekitar sungai menambah keren foto yang kita ambil.

Selain itu di sepanjang pinggir sungai dibuat taman-taman yang penuh denganbunga-bunga jadi bisa banget nih buat pecinta macro buat hunting bunga disini dan beberapa hewan kecil lainnya.

Lalu ada juga patung orang yang sedang ngecat tiang yang bisa dijadikan objek foto sama kamu nih. Apalagi kalau menggunakan kaos dan properti yang sama dengan patung tersebut. Udah kaya temennya yang lagi ngajarin si patung ngecat tiang kaya foto saya di bawah ini, he he he.

liatin kerjaan patung ngecat tiang

Tuh gimana mirip banget kan apalagi ekspresinya gitu loh kaya lagi nyuruh biar bener dan yang rapi ngecat nya. Ada patung kok di suruh-suruh wkwkwk.

Nah tak hanya patung orang yang lagi ngecat saja nih yang bisa kamu ajak foto berdua atau rame-rame bareng temen. Bahkan ada patung yang lagi duduk di bangku taman nungguin ada yang mau foto sama dia sambil baca buku.

Tapi teh Angel malah duduk disampingnya dan berusaha bikin patungnya baper nih. Tuh lihat aja kelakuannya yang saja candid, hahaha. Tapi kalian boleh kok membayangkan dan bilang andai saya yang jadi patungya setelah liat foto di bawah ini, wadawww.

Modusin patung Kali Besar

Selain dua patung tadi itu ternyata masih ada patung lainnya yakni patung orang yang sedang menyapu jalan tepat di seberang Toko Merah. Tapi gak di modusin sama teh Angel lagi tuh patungnya jadi gak ada fotonya.

Nah jika lelah setelah berfoto di sekitaran Kali Besar ini dan modusin patung-patung yang ada di sini. Kamu bisa kok istirahat dan duduk-duduk di pinggiran kali yang memang disediain kursi taman dan juga pinggiran kalinya bisa di dudukin loh.

Dan tentu sambil duduk langsung saja jepret nih dengan backgroung bangunan tua biar berasa kaya di Eropa sana. Lumayan kan dapet foto kece kaya di luar negeri cuma modal gratisan di Kali Besar Jakarta.

bangunan tua di kali besar

Jika sudah puas mengabadikan keindahan Kali Besar yang baru di revitalisasi. Berarti saat nya kita nyebrang jalan. Tapi yang sebelum nyebrang jangan lupa keluarin kamera ya lalu jepret, jepret kaya teh Angel ini.

Maklum kan niat kita kesini hunting foto jadi ya jalan pun bisa dijadikan objek foto yang kece nih. Yang penting asal pas lagi nyebrang jalan jangan sambil jepret-jepret ya apalagi sambil ngebidik lewat viewfinder kameranya bisa berabe urusannya. Soalnya arus lalu lintas nya sangat padat dan haruys hati-hati kalau mau nyebrang.

Nah jika sudah nyebrang maka saatnya kita hunting foto dengan model nih di depan Toko Merah. Entah kenapa dinamakan Toko Merah tapi memang batu batanya itu warnanya merah gelap semua loh ya mungkin karena itu.

Nah Toko Merah ini tepatnya berada di sebelah barat dari jembatan penghubung Kali Besar nih. Dan cuma terhalang oleh jalan saja.

Bangunan yang sudah jadi cagar alam ini eh tuh kan salah maksudnya cagar budaya memang memiliki gaya bangunan khas Eropa. Maklum bangunan ini peninggalan zaman Belanda dulu.

Dengan pintu yang tingginya sekitar 3 meter lalu jendela yang juga menjulang tinggi dan bata berwarna merah ini memang sangat asyik buat dijadikan background foto Apalagi ditambah dengan model yang cakep pasti tambah mantap nih foto-fotonya, hehehe.

Nah kali ini saatnya teman saya (Tika) yang kami jadikan objek foto dan bergaya di depan Toko Merah ini.

Tika Toko Merah


Tuh lihat gaya pura-pura jalannya udah kaya model beneran aja ya mantep banget. Ekspresinya juga dapet banget nih. Tak sia-sia deh ajakin dia buat jadi modelnya.

Lalu kamu juga bisa memakai beberapa properti semisal blanket tenun asli yang lagi hits di kalangan fotografer dan pendaki. Dan kebetulan teh Angel membawa blanket tenun nih katanya buat properti foto. Akhirnya ya sudah deh Tika pun beraksi dengan blanket tenun etnik tersebut.

tika dan blanket tenun etnik di toko merah

Kelihatan bahagia banget ya sambil lemparin blanket tenun etniknya gitu sambil dan sambil saya candid itu. Tapi dapet banget kan feel foto bahagia dan ekspresi wajahnya Tika yang memancarkan aura bahagianya.

Oh iya saat kita foto di Toko Merah ini rame loh pengunjung lain yang juga sibuk mengabadikan dan foto di bangunan cagar budaya ini. Kamu bisa kok memanfaatkan situasi tersebut untuk membuat foto kamu lebih keren. Contohnya kaya foto Tika dan pengunjung lain yang juga sedang berfoto ini.

Tika baper di Toko Merah

Gimana kelihatan kan ekspresi keduanya sama-sama sedang galau dan seolah seperti gambaran kaya orang yang sedang HDR eh salah maksudnya LDR (Long Distance Relationship). Maklum karena lagi ngomongin foto jadi ingetnya HDR (High Dymanic Range) hehehe.

Gimana foto-fotonya keren-keren gak nih? Kalau gak keren boleh kasih masukan kok di kolom komentar artikel ini nanti saya bales komentar, kritik dan masukannya.

Oya yang pasti Kali Besar di kawasan Kota Tua Jakarta sekarang sudah jadi cantik dan asyik banget nih buat jadi tempat hunting foto. Tapi tak hanya itu saja loh kalian juga bisa nongkrong bareng teman-teman atau genk kamu disini. Atau kalau mau piknik bareng keluarga sekalian disini. Bisa banget loh dan yang pasti GRATIS!

Tapi walaupun gratis jangan lupa buat menjaga keindahannya ya dengan tidak membuang sampah sembrangan, merusak fasilitas umum dan vandalisme alias curat-coret di kawasan Kali Besar ini ya. Biar tetap cantik dan indah dipandang serta biar pernah ngerasain foto kaya di sungai Cheonggyecheon di kota Soul, Korea Selatan.

TIPS


Nah jika kamu mau berkunjung ke kawasan Kali Besar ini jangan lupa untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Oya  jangan lupa sedia payung ya soalnya kalau hujan susah nyari tempat berteduhnya karena belum ada fasilitas seperti halte umum adapun halte busway. Selain itu payung juga bisa digunakan jika panas terik biar gak gosong kulitnya dan jadi properti foto.

Pastikan baterai kamera atau ponsel penuh ya biar bisa foto-foto disini sampe puas dan feed Instagram kamu jadi lebih kece dengan background Kali Besar yang sudah di revitalisasi ini.

0 Comments